Panduan Mendeley Untuk Pemula Paling Lengkap (2022) Mau Dong

Hindari 7 Kesalahan Fatal Ini Saat Mengirim Email Lamaran Kerja

Tutorial dan panduan cara mengirimkan email lamaran kerja yang baik dan benar. Pastikan Anda menghindari hal-hal berikut agar email Anda diterima.
cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar, contoh email lamaran kerja, email lowker, email dilirik hrd

Moonafic - Untuk Anda para fresh graduate yang baru saja lulus, atau untuk Anda yang sedang mencari lowongan dan ingin mengirimkan email lamaran pekerjaan, hindari 7 kesalahan berikut ini.

Pertama, Anda harus memahami bahwa satu perusahaan bisa menerima ratusan email per-harinya

Kedua, peluang email Anda dibuka oleh rekruiter bisa langsung hilang hanya karena masalah sepele.

Contents

Mengenal Anatomi Dari Sebuah Email yang Baik dan Benar

Perhatikan gambar berikut.

contoh email lamaran kerja terbaru, email lamaran kerja fresh graduate, cara menulis email ke perusahaan

 

Akan kita bedah mulai bagian paling atas hingga paling bawah.

Recipients / Kepada


contoh email lamaran kerja, cara kirim email lamaran kerja, moonafic media

Bagian pertama adalah kolom recipients yang merupakan pihak penerima email yang akan Anda kirim. 

Umumnya, Anda akan mengirimkan email lowongan pekerjaan Anda ke email khusus HRD perusahaan.

Subject


contoh email lamaran kerja, cara kirim email lamaran kerja, moonafic media, subjek email lamaran kerja, contoh subject email lamaran kerja

Subject merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh penerima email. 

Jika subject Anda asal-asalan, maka bisa saja email Anda tidak akan dibuka dan diabaikan.

Beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan dan harus Anda hindari adalah sebagai berikut:

  • Mengosongkan subject.
  • Menuliskan seluruh isi email yang akan dikirim pada kolom subject.
  • Menulis subject yang singkat namun tidak jelas.

Jika Anda mengirimkan email lamaran kerja, subject biasanya telah diatur oleh perusahaan dalam flyer / gambar yang mereka publikasikan. 

Namun umumnya, subject untuk email lamaran kerja memiliki struktur sebagai berikut: [Nama Applicant] - [Posisi yang Ingin Dilamar]. 

Contoh: Rizky Aditya - Maintenance Engineer

Body Email


contoh email lamaran kerja, cara kirim email lamaran kerja, moonafic media

Jangan pernah mengirimkan email dengan body email yang kosong.

Selain dianggap tidak sopan dan aneh, email Anda bisa saja langsung masuk ke kotak spam penerima.

Akibatnya? Email Anda sama sekali tidak dibaca.

Pastikan body email berisi maksud dan tujuan Anda mengirimkan email secara singkat, padat dan jelas.

File Attachment

contoh email lamaran kerja, cara kirim email lamaran kerja, moonafic media

Bagian terakhir adalah file attachment. Umumnya diisi oleh file CV dengan ekstensi PDF. Tergantung dari ketentuan lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar, file attachment bisa sangat beragam isi dan ukurannya.

Setelah mengetahui anatomi dari sebuah email di atas. Langkah selanjutnya adalah membuat dan mengirimkan email Anda sendiri. 

Mengirim ke Alamat Email yang Salah

Umumnya, lowongan pekerjaan disebar melalui poster.

Lalu untuk pengiriman lamaran, dikirim melalui email yang terdapat dalam gambar tersebut.

Masalahnya, email tersebut tidak bisa langsung di-copy-paste.

Sehingga, kejadian seperti salah penulisan alamat email yang ingin Anda tuju bisa saja terjadi.

Membiarkan Typo dalam Body Email


contoh email lamaran kerja, email lowongan pekerjaan, cara mengirim email formal

Typo, atau salah ketik, adalah hal yang umum terjadi. 

Namun kesalahan pengetikan ini sebaiknya dihindari. Jika tidak, maka Anda bisa dianggap sebagai orang yang tidak teliti.

Kabar baiknya, Gmail ( gambar di atas menggunakan versi PC) bisa pointing out kata mana yang terjadi typo sehingga Anda bisa memperbaikinya.

Untuk email berbahasa Inggris pastikan Anda sudah melakukan cek grammar secara menyeluruh.

Alamat dan Profil Email yang Tidak Professional

Yang dimaksud profesional adalah seperti gambar di bawah ini:

  • Menggunakan foto formal. Seperti menggunakan jas / white shirt dengan background biru / merah. 
  • Alamat email yang jelas. Sesuai identitas. 

Perhatikan gambar berikut:


cara mengirim email lamaran kerja, etika mengirim email, moonafic media, contoh email lamaran kerja untuk freshgrad

Nama Attachment yang Random dan Tidak Jelas

Ketika mengirimkan attachment(s), baik berupa file dokumen atau gambar, pastikan nama file yang Anda kirim berisi informasi yang jelas.

Nama file seperti: IMG-20110820-WA.jpg atau CV.pdf. Sama sekali tidak memberi informasi apapun dan mudah sekali hilang ketika diunduh oleh penerima.

Lakukan ini:

  • Berikan nama file yang jelas serta informatif
  • Jika terdapat aturan khusus untuk penamaan file dalam pengiriman email oleh penerima, lakukan hal itu.

Jadi nama attachment yang baik bisa dicontohkan seperti ini:

  • Tugas_UAS_Robotika_Kelompok_5_A1.docx
  • CV - Aditya Rizky.pdf
  • Foto Bersama di Pantai Tiga Warna.jpg
  • Banner 300x150cm - Rizky Aditya.jpg
  • Daftar Isi Skripsi.docx
cara mengirim email lamaran kerja, contoh email lamaran kerja, agar email lamaran kerja diterima

Tidak Memperhatikan Urutan dan Ukuran File

Perhatikan gambar berikut:

email lamaran kerja, contoh lamaran kerja, poster lamaran kerja alfamidi

Dalam poster recruitment di atas terdapat:

  • Urutan file yang harus dikirim.
  • Kumpulan file dijadikan satu file .pdf
  • Ukuran maksimal dari file tersebut.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun komitmen Anda akan hal-hal kecil seperti ini bisa menjadi nilai positif bagi rekruiter.

contoh email lamaran kerja, etika mengirim email, cara mengirim email lamaran kerja

Untuk menggabungkan semua file menjadi satu, gunakan tools dari combine pdf dari situs smallpdf berikut.

Lalu untuk file .pdf yang ukurannya melebihi batas, gunakan tools compress PDF.

Mengirim Email Bukan di Waktu Produktif (Jam Kerja Pada Umumnya)

Perhatikan contoh email berikut.

contoh email lamaran kerja, cara kirim email lamaran, moonafic media

Selain dari subjek yang asal-asalan, lihat waktu pengirimannya. Dini hari.

Menurut Anda, apakah mengirimkan email pada waktu tersebut sesuai etika?

Contoh sederhana saja.

Anda dikirimi chat WhatsApp saat Anda akan segera pergi ke pulau mimpi. 

Apakah Anda merasa gusar? 

Kira-kira seperti itulah yang dirasakan oleh rekruiter ketika melihat email yang dikirim pada masa di luar jam kerja.

Langkah yang seharusnya Anda lakukan adalah mengirimkan email pada saat jam kerja produktif.

cara mengirim email lamaran kerja, etika mengirim email, etika email dosen, etika menghubungi dosen, contoh email lamaran kerja

Kesimpulan

Anda telah sampai di penghujung artikel ini. Hal-hal yang harus Anda hindari dalam mengirim email lamaran kerja di atas cukup bermanfaat, bukan?

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar di bawah ya!

Referensi

https://www.gramedia.com/best-seller/cara-mengirim-lamaran-kerja-lewat-email-yang-benar/

https://bukugue.com/cara-menulis-email-formal/

https://www.99.co/blog/indonesia/etika-mengirim-email-baik-dan-benar/

https://www.cakeresume.com/resources/cara-mengirim-lamaran-lewat-email?locale=id

https://www.cnbc.com/2019/01/30/10-email-templates-every-successful-job-hunter-needs.html

Post a Comment

© Moonafic. All rights reserved. Lisensi: CC-BY 4.0 Maintained by Soma Anggor